Stratosfer, Lapisan Atmosfer Bumi yang Memiliki Ozon

Sudahkah kamu tahu tentang lapisan-lapisan atmosfer Bumi dan macam-macamnya? Kali ini kita akan membahas tentang lapisan stratosfer. Lapisan kedua dari dasar bumi ini terletak di atas tropopause hingga pada ketinggian 50 km yang memiliki lapisan ozon.

Lapisan stratosfer

Lapisan stratosfer

Lapisan stratosfer adalah lapisan yang menjadi tempat pesawat bisa terbang di udara. Tidak hanya itu, pada ketinggian tertentu, ada bagian lapisan lain yang sangat penting bagi manusia, yaitu lapisan ozon.

Ozon adalah gas yang banyak mengandung unsur kimia serta memiliki sifat beracun pada makhluk hidup. Karena ada lapisan ozon di dalam stratosfer ini, sinar ultraviolet disaring dan diserap karena adanya 90% kadar lapisan ozon sehingga sinar ultra violet yang masuk ke dalam permukaan bumi tidak berlebihan dan cukup untuk pertumbuhan makhluk hidup.

Lapisan stratosfer terbagi lagi menjadi dua lapisan, yaitu:

1. Lapisan isothermal

Lapisan isothermal berasal dari kata iso yang berarti sama dan term yang artinya panas. Sesuai dengan namanya, di dalam lapisan isothermal memiliki temperatur udara yang tetap, yaitu sekitar -60o. Lapisan ini berada di ketinggian 11 hingga 20 km.

2. Lapisan inversi

Lapisan inversi berada di atas lapisan isothermal, yaitu antara 20 hingga 50 km. Temperatur akan semakin meningkat apabila semakin ke atas, meskipun di ketinggian 50 km masih di bawah beku yaitu -50o. Adanya ozon mempengaruhi kenaikan temperatur udara.

Puncak dari lapisan stratosfer yang berbatasan dengan mesosfer dipisahkan oleh lapisan stratopause.

Lapisan stratosfer memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Lapisan ini berada di ketinggian antara 12 hingga 50 km.
  • Semakin tinggi, suhu lapisan stratosfer akan meningkat, mulai dari -60oC dari tropopause hingga ke 10oC pada puncak lapisan stratosfer.
  • Lapisan yang memiliki ozon, yang bertugas untuk melindungi bumi dari sinar radiasi ultra violet berlebih. Serapan sinar ultra violet inilah yang membuat suhu stratosfer makin tinggi setiap bertambahnya ketinggian.
  • Stratosfer tidak mengandung uap air, awan, ataupun debu, sehingga udara di dalamnya kering.
  • Memiliki lapisan stratopause yang berfungsi sebagai pembatas antara lapisan stratosfer dengan mesosfer.

Begitulah cerita singkat mengenai stratosfer. Semoga bermanfaat.

 

Stratosfer, Lapisan Atmosfer Bumi yang Memiliki Ozon

You May Also Like

About the Author: Lenterakecil-NET

Sekedar berbagi inspirasi, motivasi, serta pengetahuan dan informasi melalui internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *