Pengertian Blog (Weblog)

Pengertian Blog dan Website sebenarnya berbeda, namun saat ini sulit dibedakan karena memiliki fungsi yang hampir dapat dikatakan sama serta keduanya juga merupakan bentuk aplikasi web.

Pengertian Blog (Weblog)

Blog merupakan singkatan dari weblog sebuah bentuk aplikasi web yang berisi tulisan, gambar, video (posting) pada halaman web umum seperti halnya website. Awalnya, weblog atau blog untuk memperbarui komponen umum Situs Web (website) yang biasanya statis agar menjadi dinamis.

Blog dapat diartikan sebagai catatan atau tulisan yang dapat diperbaharui setiap saat serta disimpan secara online dan terdapat dalam sebuah halaman web, sehingga dapat diakses untuk pribadi maupun untuk umum. Sedangkan orang yang mengelola blog disebut blogger.

Penggunaan Nama Blog

Istilah weblog diperkenalkan oleh Jorn Barger tanggal 17 Desember 1997, kemudian oleh Peter Merholz ketika menulis di sidebar blog peterme.com menyingkat weblog dengan nama blog pada bulan April atau Mei 1999.

Tak lama kemudian, Evan Williams dari Pyra Labs menggunakan “blog” baik sebagai kata benda dan kata kerja dan merancang istilah “blogger” karena berhubungan dengan produk Pyra Labs yaitu Blogger.com, yang sekarang telah diambil alih Google.

Namun, perkembangan blog yang semakin pesat hampir dapat menyaingi keberadaan situs web karena Blog memiliki fungsi yang bermacam-macam mulai dari hanya sebuah catatan pribadi sampai dengan media informasi perusahaan dan umumnya banyak dikelola secara pribadi, meski sebagian oleh beberapa penulis. Blog juga menjadi lebih interaktif dengan pengguna internet karena tersedianya kolom komentar atau buku tamu. Sumber Pengertian Dasar Blog dan Blogging

Jenis Blog (Weblog)

Meskipun tidak ada definisi serta macam jenis blog, namun secara umum ada beberapa jenis blog yang ada di internet.

Blog pribadi (personal)

Blog ini lebih ditekankan kepada catatan keseharian pemilik blog itu sendiri, seperti pengalaman hidup, curahan hati, dan semata-mata hanya untuk kepentingan diri saja dan bersifat pribadi. Jenis Blog ini hanya diperlihatkan kepada umum atau kalangan tertentu saja.

Blog bisnis

Blog bisnis merupakan blog yang dipergunakan untuk melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan usaha seseorang, seperti usaha berdagang dengan menawarkan produk-produknya melalui blog. Dan ada juga yang menawarkan jasa, toko online, jual beli, dan masih banyak lagi blog usaha yang lainnya.

Blog informasi

Blog sebagai sarana berbagi pengetahuan dan informasi kepada umum seperti referensi, tips dan trik, berita dan lain sebagainya. Jenis blog seperti ini sangat bagus karena lebih mengutamakan kepentingan para pembacanya.

Blog promosi atau iklan

Mirip blog bisnis namun jenis blog ini lebih diperuntukkan untuk mengedarkan barang, jasa, maupun produk orang lain dalam blog kita dengan maksud dan tujuan untuk mendapat upah dari orang yang sudah kita promosikan.

 

Pengertian Blog (Weblog)

You May Also Like

About the Author: Lentera Kecil

Mengembangkan website sebagai sarana informasi dan pengetahuan