Lokasi Tata Surya di Galaksi

Lokasi tata surya kita di Bimasakti adalah hasil dari keteraturan yang memesona dan merupakan rancangan tanpa
cela. Lintasannya jauh dari pusat galaksi dan di luar lengan-lengan spiralnya.

Lokasi Tata Surya di Galaksi

Lokasi Tata Surya di Galaksi

Bintang-bintang dan planet-planet di galaksi spiral seperti Bimasakti tersusun di sekitar intinya yang gembung. Lengan-lengan spiral menjauh dari pusat galaksi pada sudut dan bidang yang konsisten. Ruang antara lengan-lengan ini hanya berisi tata surya yang jumlahnya dapat diabaikan dan tata surya kita adalah salah satu
dari contoh yang jarang ini.

Apakah dengan suatu cara keberadaan tata surya kita di antara lengan-lengan spiral galaksi ini relevan? Pertama, ini berarti bahwa kita berada jauh dari gas-gas dan reruntuhan yang terkandung dalam lengan-lengan spiral dan memberi kita sebuah pemandangan alam semesta yang jernih dan jelas dari tempat kita berada.

Jika saja tata surya kita berada di dalam lengan-lengan spiral ini, pemandangan kita akan sangat kabur, sebagaimana ditulis Michael Denton dalam bukunya, Nature’s Destirzy:

“Yang begitu mengejutkan adalah bahwa kosmos tampaknya tidak hanya teramat sesuai untuk keberadaan dan adaptasi biologis kita sendiri, namun juga untuk pemahaman kita. Karena posisi sistem tata surya kita berada di ujung keliling galaksi, kita dapat memandang jauh pada malam hari ke galaksi-galaksi yang berada di kejauhan dan mendapatkan struktur kosmos secara keseluruhan jika kita berada di pusat sebuah galaksi, kita tidak akan pernah memandang keindahan sebuah galaksi spiral atau memiliki gagasan apa pun tentang struktur alam semesta kita.”

Normalnya, bintang-bintang yang berada di antara lengan-lengan spiral tidak dapat mempertahankan posisi mereka untuk |angka waktu yang panjang karena mereka akhirnya tersedot ke dalam spiral. Namun, sistem tata surya kita telah mempertahankan orbirnya di antara lengan spiral galaksi selama 4,5 miliar tahun.

Kestabilan lokasi kita disebabkan oleh fakta bahwa Matahari kita adalah salah satu dari sangat sedikit bintang yang berada di lintasan yang disebut “jari-jari korotasi galaktik”.

Agar sebuah bintang dapat mempertahankan posisinya di antara dua lengan spiral, ia harus berada pada jari-jari korotasi sehingga ia mengelilingi pusat dengan kecepatan yang sama dengan lengan spiral. Di antara miliaran bintang di galaksi kita, hanya Matahari kita yang memiliki, baik posisi istimewa ini maupun kecepatan yang dibutuhkan.

Posisi kita, di luar lengan-lengan spiral tempat bintang-bintang mengelompok, juga merupakan tempat paling aman di alam semesta karena di sini kita jauh dari gaya gravitasi yang dapat mengganggu orbit planet-planet.

Selain itu, kita berada di luar jangkauan efek ledakan-ledakan supenova yang mematikan. Di bagian-bagian lain galaksi, Bumi kita tidak akan dapat bertahan selama 4,5 miliar tahun yang dibutuhkan untuk membuatnya menjadi tempat yang cocok bagi kehidupan manusia.

Berkat penciptaan sistem tata surya kita hingga berada di posisi yang istimewa ini, kehidupan dapat bertahan di Bumi. Inilah sebabnya kita dapat menyelidiki alam semesta yang kita huni ini dan mengamati cita rasa seni dalam ciptaan Allah yang tidak tertandingi, dan spektakuler.

Lokasi tata surya kita, seperti juga hukum-hukum fisika yang mengatur alam semesta, adalah bukti bahwa ia dirancang untuk keberadaan manusia.

 

Lokasi Tata Surya di Galaksi

You May Also Like

About the Author: Lenterakecil-NET

Sekedar berbagi inspirasi, motivasi, serta pengetahuan dan informasi melalui internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *