Jenis dan Ciri-ciri Hewan Vertebrata

Apakah hewan vertebrata itu? Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang pada tubuhnya. Hewan vertebrata adalah subfilum terbesar dari Chordata, yang mencakup semua hewan yang memiliki tulang belakang yang tersusun dari vertebra.

Jenis dan Ciri-ciri Hewan Vertebrata

Ciri-ciri Hewan Vertebrata

Hewan vertebrata memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki tulang belakang sejati
  • Memiliki otak yang sudah berkembang dengan baik
  • Sebagian besar memiliki tubuh dan kepala yang terpisah
  • Memiliki kerangka tubuh yang disebut endoskeleton
  • Mempunyai alat gerak aktif
  • Ukuran tubuhnya bervariasi
  • Memiliki sistem peredaran darah tertutup
  • Memiliki alat pencernaan yang lengkap

Jenis Hewan Vertebrata

Hewan vertebrata terbagi menjadi dua, yaitu Pisces dan Tetrapoda. Selanjutnya tetrapoda sendiri terbagi menjadi beberapa kelompok, yaitu amfibi, aves, reptil, dan mamalia.

1. Pisces (ikan)

Pisces atau ikan merupakan hewan yang memiliki habitat di air dan mempunyai struktur tubuh khusus yang dapat bergerak cepat di dalam air. Ikan memiliki sirip yang digunakan untuk berenang.

Ikan merupakan hewan vertebrata karena memiliki struktur tulang belakang. Dalam struktur tulang ikan tersusun atas tulang sejati dan tulang rawan. Ikan memiliki tulang yang memberikan bentuk dasar pada ikan.

Meskipun begitu, beberapa ikan memiliki struktur yang sedikit unik, seperti ikan pari, kuda laut, hiu, dan lainnya.

2. Amfibi

Amfibi adalah hewan yang dapat hidup di darat ataupun di air. Mereka bisa hidup di dua alam karena mempunyai dua sistem pernapasan yaitu paru-paru dan kulit sehingga mereka dapat tinggal di darat maupun air.

Katak merupakan hewan amfibi vertebrata, karena tubuhnya tersusun dari kerangka yang terdapat tulang belakang. Struktur tulangnya juga unik. Katak memiliki tulang kaki yang panjang sehingga dapat digunakan untuk melompat dengan jarak yang jauh.

3. Aves (burung)

Aves atau burung merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki bulu dan sayap. Sebagian besar dari hewan golongan aves ini bisa terbang, meskipun ada pula yang tidak bisa terbang seperti penguin, ayam, dan burung unta.

Aves memiliki tulang belakang yang ringan, sehingga memungkinkan dirinya untuk terbang menggunakan sayapnya.

4. Reptil

Reptil adalah salah satu hewan vertebrata yang berdarah dingin dan mempunyai sisik yang menutupi tubuhnya. Sebagian besar reptil berkembang biak dengan bertelur.

Reptil merupakan hewan merayap yang memiliki tulang belakang dan bernapas dengan paru-paru. Salah satu contohnya adalah Komodo, yang merupakan kadal terbesar di dunia. Komodo merupakan hewan berdarah dingin pemakan daging atau karnivora.

5. Mamalia

Mamalia merupakan hewan yang memiliki kelenjar susu yang digunakan untuk menyusui anaknya. Mamalia bernapas dengan paru-paru dan memiliki empat ruang katup jantung seperti reptil tetapi katup jantungnya lebih sempurna daripada milik reptil.

Mamalia memiliki tubuh yang ditumbuhi oleh rambut dan tergolong hewan berdarah panas. Sapi, kambing, kuda, lumba-lumba, paus, adalah contoh binatang mamalia.

Jenis dan Ciri-ciri Hewan Vertebrata

You May Also Like

About the Author: Lenterakecil-NET

Sekedar berbagi inspirasi, motivasi, serta pengetahuan dan informasi melalui internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *