Sifat Ego Perusak Hubungan Rumah Tangga

Saat sepasang pria dan wanita telah terikat ke dalam pernikahan suci, tentunya mereka selalu menginginkan kehidupan yang bahagia dan harmonis. Namun sayangnya tidak dapat dipungkiri bila terkadang dalam membina hubungan rumah tangga itu tidak semudah yang dibayangkan.

Ego Perusak Hubungan Rumah Tangga

Bahkan keadaan bisa berubah menjadi buruk bila Anda dan pasangan tidak ada yang mau mengalah. Salah satu penyebab keretakan rumah tangga adalah sifat egois. Maka dari itu demi menyelamatkan hubungan, saatnya mengenal macam-macam sifat ego yang harus dihindari.

8 Sifat Ego Penyebab Keretakan Rumah Tangga

Tanpa disadari Anda mungkin seringkali bersikap egois kepada pasangan saat membina hubungan rumah tangga. Namun tahukah Anda bahwa bila sikap tersebut tidak segera diperbaiki bisa membawa masalah dalam kehidupan rumah tangga Anda? Maka dari itu supaya bisa mencegahnya, simak penjelasan dari 8 macam sifat ego yang harus dihindari, antara lain:

1. Perlu disadari bahwa pasangan Anda juga melewati hari yang sama setiap hari, baik itu stres, kemalasan, dan masalah yang sama. Namun bila Anda selalu menganggap bahwa masalah Anda jauh lebih berat dari pasangan dan berharap agar si dia terus mengalah, maka hal tersebut bisa menyebabkan masalah ke depannya.

2. Dalam membina hubungan rumah tangga itu Anda harus tahu bahwa ada 2 belah pihak yang saling berhubungan. Jadi menerima dan memberi adalah 2 hal penting yang harus diperhatikan bagi kedua belah pihak. Bila Anda hanya mau menerima tanpa memberi, maka hal tersebut termasuk sikap egois dan menyebabkan resiko perpisahan semakin besar.

3. Bila Anda selalu menginginkan agar semuanya menggunakan cara dan pilihan Anda tanpa berpikir panjang atau menerima saran dari pasangan, maka hal tersebut termasuk sikap yang egois. Padahal seharusnya setiap pasangan harus saling menghargai supaya bisa langgeng.

4. Saat hanya memikirkan skala prioritas menurut diri sendiri tanpa memikirkan bagaimana kebutuhan dan keinginan pasangan itu juga merupakan salah satu sifat egois yang perlu dihindari. Karena bila dibiarkan begitu saja bisa merusak kehidupan rumah tangga.

5. Menjadi orang yang munafik juga termasuk salah satu sikap egoisme dimana Anda selalu berpikir bahwa semuanya akan baik-baik saja ketika Anda yang melakukannya, namun tidak berlaku untuk pasangan. Jadi pasangan tidak boleh bersikap seperti itu, maka itu termasuk egois.

6. Tidak berempati terhadap pasangan, sering mengabaikan, atau bahkan meremehkan pasangan termasuk salah satu sikap paling egois. Bahkan hal tersebut bisa membuat kehidupan keduanya semakin kacau dan tidak bisa disatukan lagi.

7. Tidak pernah menghargai kepentingan pasangan itu juga termasuk egois. Anda harus ingat bahwa setiap orang memiliki hobi dan minat yang tidak sama. Anda harus belajar menghargai dan menghormati hobi dan kesukaan pasangan, begitu pula sebaliknya. Bila Anda tidak pernah menghargai kesukaan pasangan dan hanya mau menang sendiri itu termasuk sikap yang egois.

8. Selalu serakah dan menghabiskan uang juga termasuk hal yang perlu dihindari. Misalnya saja dengan menyimpan uang sendiri dengan alasan penghematan, namun saat uang tersebut berasal dari pasangan, maka Anda menggunakannya untuk berbelanja sesuka hati tanpa memikirkannya itu termasuk hal yang egois. Sayangnya hal semacam ini masih sering terjadi selama ini.

Beberapa sifat egois hanya mementingkan diri sendiri mungkin memang sulit dihindari. Namun Anda mungkin akan terkejut bila mengetahui bahwa sebenarnya dengan menjauhi sifat tersebut justru akan memberikan kebahagiaan dalam kehidupan rumah tangga Anda.

 

Sifat Ego Perusak Hubungan Rumah Tangga

You May Also Like

About the Author: Lenterakecil-NET

Sekedar berbagi inspirasi, motivasi, serta pengetahuan dan informasi melalui internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *