Sejarah Hadiah Penghargaan Nobel

Apa itu Nobel? Nobel adalah sebuah penghargaan prestisius dalam bidang fisika, kimia, fisiologi atau kedokteran, sastra, perdamaian dan ekonomi. Saat ini Hadiah Nobel dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi orang yang mempunyai jasa besar kepada dunia.

Penghargaan Nobel

Hadiah Penghargaan Nobel

Penghargaan Nobel dianugerahkan setiap tahun kepada ilmuwan yang telah melakukan penelitian luar biasa. Penghargaan diberikan kepada orang yang menemukan teknik atau peralatan yang baru, atau telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat.

Penghargaan Nobel pertama kali diberikan berdasarkan wasiat Alfred Nobel, seorang industrialis Swedia yang telah menemukan dinamit. Ilmuwan ini terkejut melihat hasil penemuannya justru dimanfaatkan untuk tujuan yang merusak. Oleh sebab itulah dia membuat wasiat.

Pria kelahiran Swedia, 21 Oktober 1833 ini menandatangani wasiatnya di Swedish-Norwegian Club, Paris, pada 27 November 1895. Di dalam wasiat tersebut, Alfred menegaskan bahwa seluruh hartanya harus diinvestasikan dalam bentuk saham dan dipakai untuk mendirikan sebuah yayasan, yang labanya setiap tahun dibagikan dalam bentuk penghargaan bagi orang yang dinilai berjasa besar terhadap kemanusiaan.

Banyak pihak yang terkejut mengetahui isi wasiat tersebut, termasuk keluarganya. Kontroversi terus bergulir. Pro dan kontra terhadap isi wasiat terus terjadi, sehingga pemberian Hadiah Nobel baru bisa terlaksana lima tahun setelah Alfred Nobel wafat.

Sejarah Penghargaan Nobel

Seremoni untuk penghargaan Nobel di bidang sastra, fisika, kimia, kedokteran, dan perdamaian pertama kali diadakan di Old Royal Academy of Music di Stockholmpada 1901. Sejak 1902, penghargaan ini secara formal dianugerahkan oleh Raja Swedia.

Awalnya, Raja Oscar II tidak menyetujui pemberian penghargaan kepada orang asing. Namun, dia mengubah sikapnya setelah menyadari publisitas penghargaan tersebut terhadap negara Swedia.

Penghargaan Nobel dianugerahkan setiap tahunnya pada 10 Desember, yaitu tanggal wafatnya Alfred Nobel. Biasanya, nama calon penerima diumumkan pada bulan Oktober oleh komite dan institusi yang berwenang sebagai badan seleksi penerima penghargaan.

Kategori penghargaan yang diberikan setiap tahun sejak 1901 untuk pencapaian dalam diberikan oleh organisasi tertentu, antara lain:

  • fisika ditentukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia,
  • kimia ditentukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia,
  • fisiologi atau kedokteran ditentukan oleh The Karolinska Institute,
  • sastra ditentukan oleh The Swedish Academy,
  • perdamaian ditentukan oleh sebuah komite yang ditunjuk oleh Norwegian Storting atau Parlemen Norwegia.
  • mulai tahun 1968, Sveriges Riksbank, Bank Swedia, menambah penghargaan dalam ilmu ekonomi yang ditentukan oleh Royal Swedish Academy of Sciences.

Nah, itulah yang dimaksud dengan Nobel dan fungsinya. Kalau kamu ingin memenangkan nobel, belajar dengan giat dan cerdas dengan IndiHome Study yuk, supaya kamu bisa lebih dekat dengan cita-citamu.

 

Sejarah Hadiah Penghargaan Nobel

You May Also Like

About the Author: Lenterakecil-NET

Sekedar berbagi inspirasi, motivasi, serta pengetahuan dan informasi melalui internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *