Penyebab Cepat Marah dan Cara Mengatasinya

Pada dasarnya tingkat emosi setiap orang itu tidak sama. Ada beberapa orang yang dapat mengontrol emosinya dengan baik, namun ada juga orang yang cepat marah dan tersulut emosinya. Marah sendiri sebenarnya hal yang normal, sama seperti tertawa dan menangis.

Penyebab Cepat Marah

Namun bila Anda cepat marah, bahkan tanpa sebab, hal ini bisa berdampak buruk pada orang di sekitar Anda. Karena bisa jadi marah yang tidak ada sebabnya ini merupakan pertanda dari kondisi permasalahan kesehatan tertentu.

6 Penyebab Orang Cepat Marah

Orang bisa marah karena banyak alasan, misalnya saja karena merasa kecewa, merasa tidak adil, tersinggung, dan kecewa. Namun dalam kondisi tertentu terkadang orang bisa marah tanpa sebab. Di bawah ini adalah beberapa kondisi kesehatan penyebab orang cepat marah, antara lain:

1. Hipertiroidisme

Ini adalah salah satu penyebab seseorang cepat marah tanpa sebab. Karena kelenjar tiroid telah memproduksi tiroid kebanyakan, padahal hormon tersebut mengontrol metabolisme tubuh. Namun bila jumlahnya terlalu banyak bisa menyebabkan gugup, gelisah, dan tidak bisa berkonsentrasi, termasuk mudah marah.

2. BPD (Borderline Personality Disorder)

Ini adalah masalah kepribadian ambang atau disebut juga dengan gangguan mental dimana mood dan citra dirinya sering berubah dan bersikap impulsif.

Banyak penderita BPD biasanya marah tanpa kontrol karena pengabaian. Jadi mereka langsung meledak-ledak kemarahannya dengan orang terdekat dan sering mengekspresikan kemarahannya sejak kecil. Misalnya saat orang tua atau orang terdekatnya meninggalkannya.

3. Diabetes

Penderita gula ini juga bisa membuatnya marah tanpa sebab karena ketidaksembangan kadar gula dalam tubuh. Sehingga keseimbangan serotonin otak dipengaruhi dan membuatnya lebih agresif, kebingungan, panik, dan mudah marah.

4. Premenstrual Dysphoric Disorder atau PMDD

Ini adalah gejala fluktuasi hormon sebagai bentuk terburuk dari PMS. Sehingga bisa menyebabkan perubahan mood yang intens.

5. Depresi

Kondisi seperti ini juga merupakan penyebab seseorang cepat marah karena alasan tertentu.

6. Masalah bipolar

Bipolar menyebabkan seseorang bersikap agresif dan terkadang cepat marah. Gejala seperti ini bisa saja terjadi karena depresi dan kurang tidur sehingga perlu disembuhkan dengan terapi.

5 Cara Mengatasi Cepat Marah

Sebenarnya cara untuk mengatasi mudah marah bisa dilakukan sendiri tanpa harus menggunakan bantuan ahlinya. Berikut ini adalah panduan mengatasi masalah cepat marah, antara lain:

  1. Cobalah untuk relaksasi untuk membuat jiwa semakin damai. Cobalah dengan cara menarik nafas, lalu dihembuskan secara perlahan-lahan.  Selain itu, yoga juga bisa berguna untuk mengatasi cepat marah.
  2. Cobalah untuk mengubah pola pikir Anda saat ingin mengekspresikan rasa marah. Karena saat mereka marah, biasanya orang menjadi berpikir dramatis. Maka dari itu ubah pola pikir Anda dan fokuslah pada sesuatu yang lebih rasional. Sehingga Anda bisa meredam kemarahan tersebut.
  3. Orang cepat marah bisa terjadi karena punya banyak masalah. Jadi ingatlah bahwa marah tidak akan mengatasi masalah. Namun Anda harus fokus mencari solusinya saat semuanya tidak berjalan sesuai harapan yang diinginkan.
  4. Kebiasaan marah kerap sekali menjadikan orang selalu mengambil kesimpulan tanpa melakukan konfirmasi dulu. Maka dari itu saat merasa marah, maka cobalah berpikir dulu berulang kali sebelum akhirnya marah. Dengarkan masukan orang lain dan berkomunikasi dengan baik untuk menyelesaikan masalahnya.

Jadi itu tadi adalah beberapa penyebab cepat marah dan bagaimana cara mengatasinya dengan benar. Dengan memahami penyebab dan cara mengatasinya, hal tersebut akan membuat Anda bisa mengatasinya dengan baik dan cepat.

 

Penyebab Cepat Marah dan Cara Mengatasinya

You May Also Like

About the Author: Lenterakecil-NET

Sekedar berbagi inspirasi, motivasi, serta pengetahuan dan informasi melalui internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *