Netbook Si Mungil Teman Perjalanan

SLOGAN yang menempel pada laptop yang selama ini menempel tidak lagi sekadar bisa dijinjing dan perlu. Kini perangkat ini bisa disebut kecil ukurannya, ringan dijinjing, murah harganya, dan indah penampilannya.

Netbook Si Mungil Teman Perjalanan

Paling tidak itulah yang tampak dari perkembangan terakhir, bahkan bisa juga diembel-embeli daya tahan baterai lebih lama dan fasilitas lebih lengkap.

Maklum, setelah pada 2007 Asus Eee PC menggebrak pasar, laptop dengan ukuran kecil dan ringan ini naik daun. Bahkan peminatnya cukup lebar, tak hanya mahasiswa, dan siswa, tapi juga kelompok mapan dengan label karyawan, pengusaha maupun eksekutif.

Seorang karyawan sebuah perusahaan di Jakarta Selatan yang telah membeli Laptop Mini, cukup menyelipkan di tas ranselnya sehingga ke mana pun, untuk urusan perjalanan dinas maupun wisata, tak ada beban yang menggelayut di bahunya.

Laporan yang harus dituliskan ketika mengikuti konferensi di luar negeri tetap bisa dikirim dan catatan harian yang ingin dimunculkan di blognya pun bisa dilakukan kapan pun dengan nyaman.

Perangkat ini disebutkan fungsional, tahan banting, mudah dibawa, stylish, dan harganya murah. Dari sisi ukuran, berat dan harga, orang kemudian mengkategorikan si mini ini sebagai netbook alias mini notebook.

Disebut netbook jika memenuhi kriteria seperti kecil, ringan, dan harganya murah. Dengan ukuran mini ini memang ada beberapa fasilitas yang dihilangkan, misalnya optical drive, ukuran layar dan keyboard lebih kecil, beberapa spesifikasi dihilang serta kekuatan juga lebih rendah. Namun tetap fungsional dan ringan dijinjing.

Bagi yang menjadikan netbook sebagai bagian dari penampilan, produsen komputer pun menyodorkan warna warni yang membuat tampilan si mini menjadi lebih bergaya.

Umumnya netbook telah memiliki webcam sehingga dalam perjalanan nan jauh ke mana pun, keluarga, sanak saudara maupun teman bisa terasa dekat dengan adanya fasilitas tersebut. Pilihannya si mini sebenarnya kini benar-benar membludak karena selain pemain lama laptop si mini.

5 Kelebihan Netbook

  1. Ringan, berat kurang dari 1 kg. Sehingga mudah dibawa ke mana-mana.
  2. Ukuran layar kecil, rata-rata berkisar 8-9 inci.
  3. Konektivitas cukup lengkap karena tersedia Wi-Fi, bluetooth, card reader, web cam, USB.
  4. Daya tahan baterai kini cukup panjang, tak lagi berkisar pada 2,5 jam tapi ada yang hingga 6 jam. Meski rata-rata 4 jam.
  5. Harganya kini lebih rendah. Rata-rata dimulai Rp 3 juta. Paling tinggi sekitar Rp 6 juta.

 

Netbook Si Mungil Teman Perjalanan

You May Also Like

About the Author: Lenterakecil-NET

Sekedar berbagi inspirasi, motivasi, serta pengetahuan dan informasi melalui internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *