Menghadapi Orang Tua yang Sedang Marah

Hal yang terkadang tidak disadari oleh orang tua ialah sikap yang dia perlihatkan kepada anaknya. Setiap orang tua pasti peduli dengan anaknya, baik itu dalam bentuk sikap maupun perhatian. Namun terkadang sikap peduli dan cara penyampai setiap orang tua itu berbeda-beda.

Orang Tua yang Sedang Marah

Menghadapi Orang Tua yang Sedang Marah

Ada yang disampaikan dengan kesan baik, namun ada juga kasih sayang orang tua yang disampaikan dengan cara yang kurang baik seperti dengan cerewet dan suka marah-marah. Namun apapun bentuknya, sikap yang dikeluarkan oleh orang tua merupakan bentuk dari akibat rasa kasih sayangnya.

Namun beberapa anak tentu tidak bisa mengartikan hal ini dengan benar, sehingga tidak jarang ada anak yang berbalik marah ketika menghadapi orang tua dengan sikap seperti itu. Jika kamu salah satu anak yang memiliki orang tua demikian, maka tidak ada salahnya kamu mengikuti beberapa cara berikut untuk menghadapinya :

1. Tetap Tenang

Dalam menghadapi orang tua yang sedang marah, kamu memerlukan pikiran yang dingin. Jangan sesekali kamu menyulut api amarah yang lebih besar dengan cara berbalik menanggapi amarah yang dikeluarkan oleh orang tua. Namun sebaliknya, cobalah untuk tetap tenang dan dengarkan apa yang dikatakan oleh orang tua terlebih dahulu agar kamu dapat keluar dari situasi yang pelik tersebut.

Jika sudah maka baru pikirkan kembali apa yang dikatakan oleh orang tua dan jika kamu sudah mendapatkan jawaban maka mulailah kembali berbicara dengan mereka di keesokan harinya.

2. Belajarlah Mengendalikan Diri

Sikap tenang tanpa pengendalian diri yang benar terkadang juga tidak membuahi hasil yang bagus. Oleh sebab itu cobalah belajar mengendalikan diri terlebih dahulu karena sikap tenang tidak didapatkan dengan cara mudah.

Ketika kamu sedang dimarahi oleh orang tua dan kamu tidak bisa menerimanya, maka cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam dan tahan selama 5 detik. Lakukan hal ini secara berulang hingga kamu mendapatkan ketenangan diri dalam menghadapi orang tua.

3. Dengarkan Saja Dahulu

Ketika orang tua marah tidak bisa dipastikan bahwasanya amarahnya memang kepada dirimu saja atau bisa jadi ada alasan lain yang menjadi pemicunya. Sebagai seorang anak apabila kamu menemukan hal seperti ini, maka jangan sesekali kamu langsung membentak walaupun tak merasa salah.

Cobalah untuk mendengarkan saja terlebih dahulu agar emosi yang dikeluarkan oleh orang tua tidak semakin menjadi-jadi dan tak kunjung reda. Hal ini bisa menjadi salah satu cara bagaimana kamu dapat memahami apa yang dirasakan oleh orang tua dan juga menjadi media penenang orang tua karena bisa melepaskan emosi dirinya.

4. Bicara Dengan Baik

Salah satu hal yang harus kamu ingat bahwasanya anak di mata orang tua tetaplah anak. Berapa pun usiamu sekarang, didepan mata orang tua kamu tetaplah anak kecil. Oleh sebab itu, ketika orang tua marah alangkah baiknya kamu tidak mengikuti arus yang terjadi.

Karena itu akan menyulutkan amarah yang lain lagi dan membuat orang tua berpikiran bahwasanya kamu sudah menjadi anak yang angkuh karena sudah dewasa. Selain itu cobolah untuk menatap orang tua dengan tatapan biasa saat dia marah supaya beliau tidak salah artikan tatapanmu.

5. Keluarlah untuk Rileksasi

Pergi jalan-jalan untuk rileksasi merupakan salah satu cara dalam menghadapi orang tua yang suka marah. Dengan pergi sejenak dari rumah akan membuat pikiranmu menjadi tenang kembali sehingga kamu kembali dapat berpikiran positif.

Sikap marah-marah yang dilakukan oleh orang tua memang bukanlah sesuatu hal yang benar, namun sebagai anak kamu juga tidak berhak untuk melawannya. Oleh sebab itu jika memang memungkinkan, maka bicarakanlah secara baik-baik ketika orang tua sudah mulai tenang. Itulah lima sikap yang dapat kamu lakukan dalam menghadapi orang tua yang sedang marah.

 

Menghadapi Orang Tua yang Sedang Marah

You May Also Like

About the Author: Lenterakecil-NET

Sekedar berbagi inspirasi, motivasi, serta pengetahuan dan informasi melalui internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *