Mawas Diri Dalam Setiap Kondisi

Anda mungkin tidak bisa lepas dari orang lain saat menjalani kehidupan sehari-hari, mulai dari tindakan dan cara berkomunikasi. Namun tahukah Anda bahwa terkadang apa yang Anda lakukan bisa menjadi sebuah kesalahan?

Mawas Diri Dalam Setiap Kondisi

Misalnya saja ketika melakukan sesuatu dengan emosi, sehingga hal tersebut membuat Anda secara tidak sadar berkata buruk dan menyinggung perasaan orang lain. Sehingga terjadilah pertengkaran yang berlebihan. Dengan begitu hal tersebut bisa membuat Anda mengalami penyesalan diri. Maka dari itu solusinya adalah bersikaplah mawas diri.

Pengertian Mawas Diri

Mawas diri disebut juga dengan self awareness, yaitu sikap berhati-hati terhadap tindakan dan ucapan yang disampaikan kepada orang lain. Jadi kata mawas diri ini sama seperti berkaca, bercermin, dan menginstropeksi diri. Sikap ini bisa terjadi atas dasar kemauan diri sendiri tanpa paksaan orang lain.

Jadi mawas diri bisa membuat Anda mengontrol emosi dengan baik supaya lebih terkontrol dan terhindar dari berbagai macam dampak negatif yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Karena sikap ini termasuk cara untuk menunjukkan seberapa dewasa orang dalam bersikap.

Pentingnya Mawas Diri dalam Setiap Kondisi

Bersikap mawas diri dalam menghadapi setiap kondisi adalah sangat penting sekali. Berikut ini adalah pentingnya bersikap mawas diri dalam kehidupan Anda, antara lain:

  1. Bisa meminimalisir dan mengurangi sifat sembrono saat melakukan sesuatu agar tidak menyesal di kemudian hari.
  2. Bisa membuat Anda belajar bagaimana caranya bersikap lebih berhati-hati saat bertutur kata dan bertindak.
  3. Bisa lebih bijak dan dewasa dalam menghadapi setiap kondisi.
  4. Bisa menghindarkan diri dari sikap merugikan orang lain.
  5. Bisa melakukan hal yang lebih bermanfaat karena selalu memiliki kontrol atas dirinya sendiri dengan baik.

Tips supaya Selalu Mawas Diri

Ada beberapa hal yang bisa membuat seseorang menjadi lebih mawas diri. Maka dari itu sebaiknya hindari beberapa hal di bawah ini sebagai bagian dari tips agar bisa selalu bersikap mawas diri dalam kehidupan. Berikut poin pentingnya, antara lain:

  1. Sebaiknya jangan lupa untuk merendah saat mencapai kesuksesan. Sayangnya terkadang orang lupa diri saat berada di puncaknya dan menjadi sombong. Padahal hal tersebut adalah sikap yang buruk dimana nantinya Anda bisa terlena dan lupa untuk mempertahankan kesuksesan itu akibat dari tidak bersikap mawas diri.
  2. Meremehkan kemampuan kompetitor dan orang lain juga termasuk bukan sikap mawas diri. Padahal bila Anda terlalu bersikap sombong seperti ini membuat Anda tidak mawas diri. Akibatnya Anda menjadi bersantai-santai karena merasa jauh lebih sukses, hingga pada akhirnya Anda bisa ketinggalan jauh dari orang yang kemampuannya telah diremehkan. Karena mereka ternyata bisa lebih sukses dari Anda.
  3. Jangan berhenti terus berjuang untuk meraih mimpi yang lain. Ingat bahwa setiap kesuksesan yang Anda raih itu masih ada mimpi dan kesuksesan lain yang perlu diraih dan diperjuangkan. Jadi jangan pernah puas dengan 1 kesuksesan saja supaya tidak stuck di satu tempat saja dan mau keluar dari zona nyaman.
  4. Enggan dan menolak nasehat atau saran dari orang lain itu adalah sikap tidak mawas diri. Padahal mendengarkan saran dan nasehat itu demi kebaikan diri Anda sendiri. Jadi sebaiknya cobalah untuk mendengarkan saran dan nasehat orang lain dan jangan mengabaikannya supaya bisa lebih mawas diri dalam bersikap dan menghadapi segala kondisi kehidupan Anda.

Meski setiap kesuksesan itu bisa diraih dari jerih payah Anda, namun Anda harus ingat bahwa ada banyak pihak yang ikut serta membantu di dalamnya. Baik itu bantuan secara langsung dan tidak langsung. Jadi sebaiknya selalu bersikap mawas diri dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

 

Mawas Diri Dalam Setiap Kondisi

You May Also Like

About the Author: Lenterakecil-NET

Sekedar berbagi inspirasi, motivasi, serta pengetahuan dan informasi melalui internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *