Gangguan Kesehatan Bisa Penyebab Negatif Thinking

Ada banyak masalah kesehatan yang ditimbulkan karena negatif thinking. Karena ternyata tidak hanya bisa membuat perasaan menjadi tidak nyaman, pikiran negatif juga bisa menyebabkan gangguan masalah pada kesehatan.

Penyebab Negatif Thinking

Maka dari itu bila Anda seringkali mengalami perasaan negatif, sebaiknya segera ubah cara pandang Anda tersebut supaya tidak selalu berpikir negatif. Karena ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa pikiran negatif bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan.

4 Gangguan Kesehatan Akibat Selalu Negatif Thinking

Ada berbagai macam masalah kesehatan yang menyebabkan seseorang menjadi negative thinking. Di bawah ini adalah 4 contoh masalah kesehatan yang diakibatkan oleh perasaan negatif, antara lain:

1. Tekanan darah tinggi (hipertensi) salah satu penyebab seseorang selalu berpikir negatif. Sehingga hal tersebut bisa menyebabkan stres kronis. Bagaimanapun juga, stres bisa menyebabkan ritme jantung menjadi tidak terkontrol.  Sehingga aliran darah menjadi tidak menentu dan menyebabkan resiko terkena serangan penyakit jantung dan stroke semakin meningkat.

2. Seseorang yang mengalami masalah pencernaan seperti sakit perut, asam lambung, dan gangguan pencernaan yang lain bisa terjadi karena seseorang berpikir negatif. Pikiran negatif bisa menyebabkan stres, sehingga produksi asam lambung semakin meningkat karena bahan kimia di otak tidak seimbang.

3. Peningkatan berat badan bisa menjadi penyebab seseorang berpikir negatif. Misalnya saja tidak mengabaikan kesehatannya dan bersikap pesimis sehingga hal tersebut membuatnya tidak memperhatikan asupan makanannya yang menyebabkan obesitas.

4. Orang yang selalu berpikir negatif bisa menyebabkan impotensi karena hormon yang ada di otak tidak seimbang. Sehingga bisa mengakibatkan masalah seksual seperti disfungsi ereksi, impotensi, dan kehilangan libido pada wanita.

Cara Menghilangkan Perasaan Negatif 

Pada dasarnya berpikir negatif hanya membuat orang menjadi tidak bahagia. Maka dari itu sebaiknya lakukan beberapa hal di bawah ini untuk menghilangkan perasaan negatif. Berikut tipsnya, antara lain:

  1. Cari tahu penyebab pikiran negatif yang memenuhi kepala. Setelah itu ubah dari pikiran negatif menjadi pikiran positif. Misalnya bila sebelumnya Anda berpikir, “tidak pernah melakukan segalanya dengan benar”. Maka ubah pemikiran tersebut menjadi, “terkadang pernah berbuat salah, jadi berjanji tidak akan mengulanginya lagi”. Jadi cobalah untuk selalu bersyukur atas nikmat yang Anda miliki dalam hidup ini.
  2. Bersedih memang tidak ada salahnya, namun jangan terlalu lama karena itu bisa membuat pikiran negatif semakin bersarang di kepala.
  3. Curhat semua masalah dengan orang terdekat untuk mendapatkan solusi dari cara pandang yang tidak sama.
  4. Cobalah meluangkan waktu (me time) untuk melakukan sesuatu yang membahagiakan diri Anda sendiri, misalnya saja ke salon, jalan-jalan, dll yang sesuai dengan minat dan hobi Anda.
  5. Cobalah berbagi pada orang yang membutuhkan untuk meningkatkan rasa syukur dan nikmat yang diberikan oleh Allah.
  6. Untuk menghilangkan perasaan negatif, cobalah untuk istirahat cukup, konsumsi makanan sehat, dan rajinlah berolahraga.
  7. Luangkan waktu bersama teman-teman dan keluarga untuk bersantai.
  8. Cobalah untuk yoga atau berolahraga pilates supaya fisik dan spiritual lebih tenang.
  9. Mulailah berpikir positif dan berada di lingkungan orang yang berpikir positif.
  10. Kenali diri sendiri dan perhatikan kehidupan Anda sendiri.
  11. Cobalah baca semua pesan positif atau dengarkan musik sebelum bekerja.

Yang pasti jangan sampai pikiran negatif tersebut justru menguasai dan mempengaruhi kehidupan Anda. Karena Anda tidak akan pernah bahagia bila pikiran negatif tersebut masih terus menghantui. Maka dari itu hilangkan pikiran tersebut supaya bisa membuat hati lebih tenang.

 

Gangguan Kesehatan Bisa Penyebab Negatif Thinking

You May Also Like

About the Author: Lenterakecil-NET

Sekedar berbagi inspirasi, motivasi, serta pengetahuan dan informasi melalui internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *