Cara Menarik Pelanggan Bisnis Online

Cara Menarik Pelanggan Bisnis Online

Masyarakat luas saat ini pastinya sudah mengenal bisnis online, seiring kemajuan teknologi dan penyebarannya yang cukup luas. Oleh karena itu, bisnis online tidak lagi didominasi oleh pemilik modal besar melainkan juga oleh perorangan untuk melakukan jual-beli melalui internet (online). Hanya saja, terkadang dalam berbisnis online, masih ada beberapa penjual yang belum mengerti cara menarik pelanggan bisnis online sehingga bisnisnya kurang maksimal.

Tips Menarik Pelanggan Bisnis Online

Banyak sekali pembahasan tentang bisnis online, mulai dari teknik hingga motivasi saat melakukan bisnis. Namun setidaknya beberapa tips sederhana di bawah ini dapat digunakan untuk menarik pelanggan bisnis online agar usaha yang dilakukan sesuai dengan yang diharapkan.

1. Membuat Website Untuk Bisnis

Sebuah website bisa mempresentasikan produk yang dijual dalam bisnis online. Termasuk juga latar belakang penjual, testimoni pembeli, layanan dan lain sebagainya. Terlebih saat ini untuk membuat sebuah website sangat mudah karena tidak perlu dipusingkan lagi dengan kode-kode html, php, javascript dan lain sebagainya karena tersedia secara instan.

Website dapat dijadikan sebagai toko online sehingga perlu penanganan yang berbeda dengan website personal atau weblog (blog). Mulai dari pemilihan nama domain hingga sewa hosting untuk menyimpan data-data website agar dapat diakses di internet, perlu dipikirkan secara matang.

Pilih nama domain yang mencerminkan usaha secara profesional dengan pilihan kata yang tepat serta mudah diingat. Silahkan cek domain di Niagahoster, apakah sudah digunakan pihak lain atau belum. Pilih alternatif nama yang lain jika sudah digunakan. Selain harga domain relatif murah, Niagahoster juga menawarkan beragam paket hosting yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, apakah itu untuk website company profile, blog pribadi, maupun toko online.

Kemudian isi website dengan membuat konten yang berkualitas. Deskripsi produk yang akan dijual diusahakan selengkap mungkin. Selain itu, website bisa diisi dengan konten menarik lainnya seperti artikel, material download, infografis, vlog dan lain sebagainya.

2. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial saat ini menjadi promosi yang ampuh untuk bisnis online. Namun bukan hanya sekedar share produk atau layanan saja namun juga bisa dengan membuat grup (fb, wa, telegram), online webinar, ataupun sharing di grup yang sudah ada.

3. Aktif di Komunitas Online

Komunitas online sangat membantu memperkenalkan, mempromosikan atau mengkampanyekan bisnis online yang dilakukan. Meskipun terlihat sepele, namun jangan remehkan sumber traffic gratisan dengan cara komentar di web lain, aktif berdiskusi di web forum,selain sharing produk via akun sosial media pribadi kita.

4. Buat Iklan

Iklan berbayar masih dianggap merupakan salah satu promosi yang paling efektif. Apalagi untuk mendapatkan traffic yang berkualitas bukan perkara mudah. Iklan bisa juga termasuk salah modal usaha dan investasi jangka panjang, oleh karena itu tidak ada salahnya mencoba Google Ads, Facebook Ads, Email marketing, ataupun dengan jasa influencer.

5. Belajar Digital Marketing

Pengertian umum digital marketing adalah suatu upaya pemasaran produk dengan memanfaatkan media digital dan jaringan internet, seperti Google Bisnisku, WhatsApp Bisnis, website, dan platform lainnya. Saat ini digital marketing merupakan strategi pemasaran yang sangat efisien dan praktis untuk semua jenis bisnis online.

Ada banyak manfaat digital marketing, antara lain:

  • Tersedia beragam media digital marketing mulai dari yang gratisan hingga berbayar, yang lebih mudah dan cepat untuk menjalin komunikasi dua arah sampai melayani calon pelanggan, dibandingkan promosi konvensional seperti menggunakan papan iklan/brosur;
  • Digital marketing mampu menjangkau konsumen secara personal sesuai dengan customer journey atau kesiapan untuk membeli;
  • Tools digital marketing menyediakan metrik performa iklan sehingga akan lebih mudah mengukur keberhasilan strategi penjualan.
  • Digital marketing mampu melemparkan promosi ke target audiens spesifik sehingga dapat memaksimalkan tingkat konversi karena menjangkau target pasar yang lebih luas hingga ke milyaran pengguna internet di seluruh dunia;
  • Dan masih banyak lagi manfaat digital marketing.

Oleh karena itu dengan belajar digital marketing, akan lebih tahu cara menargetkan audiens dengan tepat, membuat tolak ukur dari keberhasilan promosi, membangun brand awareness, mendatangkan leads, dan meningkatkan penjualan menggunakan tool dan platform marketing hingga kalkulasi biaya iklan.

 

Cara Menarik Pelanggan Bisnis Online

You May Also Like

About the Author: Lenterakecil-NET

Sekedar berbagi inspirasi, motivasi, serta pengetahuan dan informasi melalui internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.