Cara Membuat Grup WhatsApp

Grup WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang sangat terkenal di indonesia sampai saat ini. Salah satu fitur yang cukup berguna di dalam WA yaitu grup. Tentu kalian sudah tahu bukan apa itu grup whatsapp dan bagaimana sih cara membuat grup WhatsApp itu? Apakah susah? Nah, pada postingan kali ini kami akan menjawab pertanyaan semua pertanyaan kalian mengenai grup WhatsApp.

Membuat Grup WhatsApp

Menurut Steadfast-marine, Fungsi dari grup WA itu sendiri yaitu kamu bisa mengirimkan pesan ke sebagian kontak yang terdapat di dalam grup dengan cara langsung tanpa perlu menambahkan ke pesan kontak terlebih dulu.

Sebab pada dasarnya grup WA adalah folder dari banyak orang yang tercampur jadi satu. Jadi, grup wa sangat berguna bila kamu mau membagikan informasi ke seluruh orang sekaligus, seperti broadcast.

Misalnya seperti kelompok pelajar, kelompok kuliah, grup teman SD dan lain sebagainya. Sangat disarankan untuk membuat suatu grup WA supaya bisa berkomunikasi dengan mudah ke seluruh anggota. Jadi, cara membuat grup WA ini tentu akan berguna bila digunakan dengan sesuai.

Grup WA tidak berbeda jauh dengan mengirim pesan di kontak biasa. Di sini kamu kamu bisa mengirim gambar, film, file, share posisi whatsapp, serta banyak lagi yang lainnya. Perbedaannya adalah pada grup WA kamu bisa mengirimkannya ke semua anggota grup tersebut.

Pada tim WA juga mengadakan admin yang bertugas untuk mengatur tim itu sendiri. Seorang admin yang membuat grup WA dapat menambahkan anggota, menghilangkan anggota, serta mengatur informasi yang terdapat di grup whatsapp.

Ok, langsung saja kita bahas bagaimana cara untuk membuat grup WhatsApp. Silahkan simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Cara Membuat Grup WhatsApp

Grup WA telah membuktikan bisa mempermudah para pengguna ponsel pintar. Fitur grup WA ini mempermudah pengguna untuk mengirim pesan ke banyak orang.

Dengan terdapatnya grup, Kamu dapat saling memberi informasi dengan para anggota grup. Jika Kamu merupakan admin, Kamu bahkan dapat melakukan berbagai kegiatan lain. Kemudian bagaimana Kamu dapat membuat grup WA baru serta menambahkan anggota?

Cara Membuat Grup WA Pada Perangkat Android

Tampilan WhatsApp untuk Android serta tampilan WA iPhone sangat berlainan. Jika Kamu baru berpindah dari iPhone ke Android, cari tahu bagaimana cara membuat grup WA di fitur baru Kamu.

Terdapat sebagian tahap mudah untuk membuat grup WhatsApp di fitur Android. Silahkan ikuti panduan dibawah ini:

  1. Klik simbol WhatsApp di fitur Android untuk menjalankan aplikasi chat tersebut. Di bagian beranda akan langsung muncul pesan dari banyak kontak Kamu.
  2. Cara membuat grup WA selanjutnya yaitu klik ikon pesan yang terdapat di kanan bawah jendela WhatsApp. 2 baris paling atas akan menampilkan 2 opsi untuk membuat pesan baru.
  3. Pilih menu New group setelah itu pilih kontak yang akan Kamu masukkan ke grup tersebut. Setelah itu klik simbol panah yang muncul di kanan bawah jendela WhatsApp setelah Kamu selesai memilih anggota grup.
  4. Masukan nama grup di bagian Type group subject here. Kamu juga bisa menambahkan gambar grup dengan menekan ikon kamera. Untuk gambar grup sendiri dapat ditemukan langsung mengenakan kamera yang dipilih dari galeri, ataupun menggunakan stiker serta emoji dari WhatsApp.
  5. Setelah selesai memasukkan nama grup serta menambahkan gambar profil grup, klik ikon centang di bagian kanan bawah. Grup WA Kamu telah berhasil dibuat dan sudah bisa digunakan.

Cara membuat grup WA ini memanglah sedikit berbeda dari cara yang lebih dulu. Tetapi perbedaannya cuma terdapat pada tampilannya saja. Seluruh fitur yang terdapat dalam grup WA tidak berbeda sama sekali.

Kamu dapat langsung mengirimkan bermacam file untuk anggota time yang lain. Mengirim pesan, gambar, video, link, sampai kontak serta posisi dapat langsung dicoba setelah grup WA selesai dibuat.

Cara Membuat Grup WhatsApp di Perangkat iOS

Cara membuat grup WA yang kedua yaitu untuk para pengguna fitur iPhone. Setiap fitur memiliki tampilan WA yang berbeda. Jika Kamu salah satu pengguna iPhone, ikuti cara membuat grup WA selanjutnya ini.

  1. Klik ikon WA untuk menjalankan aplikasi tersebut. Jika Kamu belum memiliki aplikasinya, dapat unduh dahulu di App Store.
  2. Setelah membuka aplikasi WA di iPhone, perhatikan simbol Chats yang terdapat di bagian bawah layar. Tahap ini akan membuka sebagian baris jendela chat.
  3. Kemudian klik pesan Create New Group yang terdapat di baris paling atas. Berikutnya tinggal pilih saja sebagian kontak WA yang ingin dimasukan kedalam grup.
  4. Kamu bisa menambahkan 256 kontak ke dalam grup WA. Nama dan gambar profil orang yang Kamu pilih akan muncul di bagian atas layar iPhone.
  5. Hanya orang yang kontaknya telah tersimpan di ponsel pintar yang dapat Kamu tambahkan ke grup. Pastikan nama setiap orang yang akan ditambahkan ke grup telah Kamu simpan terlebih dulu.
  6. Setelah selesai memilih anggota grup, klik tombol Next yang terdapat di bagian kanan atas layar. Kamu akan langsung diarahkan ke laman New Group.
  7. Masukkan nama grup di bagian Group Subject. Cara membuat grup WA yang satu ini mengharuskan Kamu untuk menggunakan maksimum 25 karakter saja. Tambahkan juga gambar grup dengan klik simbol kamera yang terdapat di bagian kiri bagian Group Subject.
  8. Serta yang terakhir tinggal klik tombol Create yang terletak di kanan atas jendela WA. Grup WhatsApp Kamu telah siap digunakan.

Saat ini Kamu dapat komunikasi dengan seluruh orang yang terdapat pada grup tersebut. Kamu juga dapat saling memberi file serta gambar dengan sesama anggota grup tersebut.

Kesimpulan

Nah, jadi seperti itu kira-kira cara untuk membuat grup WhatsApp pada sistem perangkat Android dan iOS. Setelah melihat postingan kami tentu kamu tidak akan kebingungan lagi mengenai cara membuat grup whatsApp. Mungkin hanya demikian pembahasan kali ini, terimakasih semoga bermanfaat. Sumber https://steadfast-marine.co.id/fouad-whatsapp/

 

Cara Membuat Grup WhatsApp

You May Also Like

About the Author: Lenterakecil-NET

Sekedar berbagi inspirasi, motivasi, serta pengetahuan dan informasi melalui internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.