Bersikap Sederhana Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Banyak orang yang tidak mempedulikan arti dari sikap sederhana karena kebanyakan dari mereka merasa mengerti apa itu sikap sederhana. Secara artian sikap sederhana merupakan kebiasaan atau perilaku sehari-hari yang dilakukan sesuai kebutuhan dan kemampuan serta tidak memperlihatkan sesuatu sikap yang berlebihan.

Bersikap Sederhana

Terkadang ada orang yang mengartikan bahwasanya sikap sederhana itu berlaku terhadap orang kaya namun tidak pamer. Namun kenyataannya tidak demikian, karena sikap sederhana ini berlaku untuk semua orang yang bisa hidup dengan konsep tidak berlebihan dan sesuai apa yang dia bisa. Jika dia sudah melakukan hal tersebut maka sudah bisa dikatakan dia sebagai orang yang sederhana.

Dampak dari Bersikap Sederhana

Bersikap sederhana dalam kehidupan sebenarnya memiliki banyak manfaat, namun yang paling jelas ialah kebahagian. Bagaimana orang yang sederhana bisa hidup bahagia? Jawabannya sangatlah mudah karena dia tidak mementingkan kehidupan semata, sehingga dia tidak memikirkan sesuatu yang tidak bisa dia capai namun lebih kepada bagaimana solusi untuk mencapainya. Dia lebih senang menikmati apa yang dia memiliki tanpa memikirkan sesuatu hal yang mustahil baginya.

Sederhana disini juga bukan berarti pasrah, namun lebih kearah menerima sambil berusaha. Sebagai contohnya ketika dia tidak bisa membeli barang mewah maka dia tidak memikirkan hal tersebut, namun lebih kepada bagaimana bagaimana menemukan hal yang sama dengan cara yang bisa dia lakukan. Dalam artian orang yang sederhana tidak memandang sesuatu hal dari materi namun lebih kepada segi fungsinya.

Cara Bersikap Sederhana Dalam Kehidupan

Ketika sudah mengetahui arti dari kata sederhana, tentu langkah selanjutnya yang perlu diketahui ialah bagaimana cara bersikap sederhana tersebut. Berikut beberapa cara bersikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari :

1. Bergaya Sesuai Kebutuhan

Hal yang harus dilakukan dalam bersikap sederhana ialah bagaimana kamu dapat menikmati hidup dengan gaya sesuai kebutuhanmu. Jangan memaksakan diri kepada sesuatu hal yang sekiranya tidak bisa kamu gapai, tapi usahakanlah hal tersebut sembari menjalankan apa yang kamu bisa.

2. Selalu Bersyukur

Hal yang paling penting dalam sikap sederhana ialah mensyukuri apa yang kamu punya. Jangan sesekali kamu merasa iri dengan yang dimiliki orang lain sehingga kamu merasa ingin membelinya dan terbiasa menganggap bahwasanya hidup adalah kompetisi.

3. Belajarlah Mengendalikan Diri

Hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu untuk dapat bersikap sederhana ialah mengendalikan diri sendiri. Jangan sesekali kamu tergiur oleh barang mewah dengan embel-embel diskon atau barang orang asalkan menyerupai bentuk aslinya. Kamu harus bisa membuang ego untuk dapat terlihat hebat di depan orang lain, cukup perlihatkan bagaimana dirimu dengan apa yang kamu bisa tanpa harus melebih-lebihkan.

4. Berfikirlah Sebelum Bertindak

Terkadang dalam belanja, kamu lupa mempertimbangkan segi fungsional dari barang yang ingin kamu beli, sehingga membuat barang tersebut menjadi tidak terpakai. Oleh sebab itu untuk dapat bersikap sederhana, kamu harus mempertimbangkan jika membeli sesuatu hal, apakah itu benar-benar kebutuhan ataukah hanya sebuah keinginan.

5. Fokus Pada Diri Sendiri dan Nikmatilah Kehidupanmu

Dalam bersikap sederhana, kamu harus merubah cara berfikirmu. Jangan sesekali membandingkan dirimu dengan orang lain yang jauh berada di atasmu. Fokuslah pada dirimu sendiri dan carilah hal yang kamu sukai dan nikmatilah kehidupan seperti itu. Dengan demikian kamu akan mengerti bahwasanya hidupmu tidaklah buruk.

Itulah lima sikap yang dapat kamu lakukan dalam bersikap sederhana. Dalam hidup terkadang ada hal yang tidak bisa kamu paksakan di kala itu, namun bukan berarti hal tersebut tidak mungkin. Oleh sebab itu cobalah untuk menikmati apa yang kamu miliki terlebih dahulu sembari berusaha menggapai apa yang ada di atasmu.

 

Bersikap Sederhana Dalam Kehidupan Sehari-Hari

You May Also Like

About the Author: Lenterakecil-NET

Sekedar berbagi inspirasi, motivasi, serta pengetahuan dan informasi melalui internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *