Pengertian Website (Situs Web)

Pengertian Website (situs web) adalah kumpulan dari berbagai dokumen yang ditulis dalam format Hyper Text Markup Language (HTML) di dalam sebuah domain (subdomain) yang berada di dalam WWW (World Wide Web) atau lebih dikenal dengan istilah Internet.

Pengertian Website (Situs)

Domain (subdomain) dalam sebuah website bisa berisi berbagai macam jenis data seperti informasi teks, gambar, animasi, suara, video, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis.Umumnya data-data tersebut membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.

Berdasarkan jenis website dapat digolongkan menjadi dua yaitu static website dan dynamic website.

1. Static Website (Situs statis)

Static website (situs statis) pada umumnya dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML ataupun Cascading Style Sheets (CSS) merupakan informasi yang akan tampil secara identik sama kepada semua pengguna. Artinya tampilan website ini akan sama ketika beberapa orang mengunjunginya.

2. Dynamic Website (Situs dinamis)

Dynamic Website (Situs dinamis) selain dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML ataupun Cascading Style Sheets (CSS) juga menggunakan bahasa pemrograman seperti Perl, PHP, Javascript, Phyton, Data base, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, tampilan Dynamic Website bisa berbeda-beda bagi pengunjungnya. Pengelola website ini bisa membuat halaman dengan konsep visual dan kemampuan interaksi tinggi dengan penggunanya. Beberapa fitur yang biasanya terdapat pada dynamic website adalah cookies, fasilitas live chatting, kolom komentar, form registrasi dan lain sebagainya.

 

Pengertian Website (Situs)

You May Also Like

About the Author: Lentera Kecil

Mengembangkan website sebagai sarana informasi dan pengetahuan