Backlink Sangat Penting Untuk Website

Backlink Sangat Penting Untuk Website

Bagi pemilik website, mendapatkan pengunjung yang banyak ke website-nya tentu sangat diharapkan. Untuk itu berbagai cara dan usaha akan dilakukan untuk memenuhi harapan tersebut. Salah satunya adalah dengan SEO (Search Engine Optimization) atau mengoptimalkan situs agar sesuai dengan pedoman dan algoritma mesin pencari.

SEO lebih banyak diperbincangkan oleh banyak webmaster di dunia dibandingkan dengan cara menjaring pengunjung situs melalui iklan, sharing ke sosmed dan lain sebagainya. Fakta menunjukkan bahwa sebagian besar pengunjung situs berasal dari mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lain-lain.

Meskipun SEO (Search Engine Optimization) dapat meningkatkan peringkat dan visitor situs, namun ada pedoman dari masing-masing situs mesin pencari yang harus diikuti agar bisa optimal. Jadi, tidak sembarangan menerapkan SEO, apalagi menggunakan jurus akal-akalan untuk mengakali peringkat situs. Selain sia-sia, justru bisa membuat situs mendapatkan “hukuman”.

Manfaat Backlink Untuk Website

Banyak sekali unsur-unsur pendukung SEO. Bahkan Google pun mengatakan ada 200+ faktor SEO penentu peringkat. Tidak ada penjelasan lengkap dari Google tentang isi 200 lebih sinyal tersebut. Apa dan bagaimana prosesnya. Namun jika melihat kata 200+ (lebih) mengisyaratkan bahwa sinyal tersebut sangat banyak, bisa saja ribuan faktor.

Menurut SEO Refugee,  ada tiga elemen yang efektif untuk SEO, yaitu: komunikatif, informasi yang berguna, dan backlink yang berkualitas.

Untuk situs komunikatif dan informasi yang berguna, barangkali sudah banyak orang paham karena berkaitan dengan kualitas. Namun untuk backlink ini yang dirasa sulit untuk dipahami. Alih-alih mencari backlink agar situs bisa berada di halaman awal hasil penelusuran, justru malah kena hukuman jika salah penerapannya.

Pengertian backlink atau tautan situs adalah suatu referensi dari situs lain terhadap situs kita atau sebaliknya (Wikipedia). Artinya ada sebuah situs yang meletakkan link (tautan) situs kita di situs tersebut.

Backlink menjadi penentu faktor yang cukup berpengaruh di SEO. Backlink dapat dikatakan semacam pengakuan atau referensi  dari sebuah itus kepada situs lain. Oleh karena itu banyak bermunculanjasa backlink karena sebuah situs tidak sembarangan memberikan link out (backlink) untuk situs lain.

Banyak webmaster menjadi spammer atau melakukan curang untuk membuat dan memperoleh backlink, sehingga Google pun membuat panduan pedoman kualitas untuk skema link, berikut dengan beberapa contoh umum backlink atau tautan tak wajar yang mungkin melanggar panduan Google.

Menurut Google, cara terbaik agar situs lain membuat tautan relevan dan berkualitas tinggi ke situs Anda adalah membuat konten relevan dan unik yang secara alami meraih popularitas di komunitas Internet.

Membuat konten yang bagus akan menguntungkan Anda: Tautan biasanya berupa suara editorial yang diberikan berdasarkan pilihan, dan semakin bermanfaat konten yang Anda miliki, semakin besar pula kesempatan orang lain mendapati bahwa konten tersebut berguna bagi pembaca mereka dan akan menautkannya.

Salah satu sulitnya mendapatkan backlink dari situs Indonesia adalah masih banyak webmaster yang “pelit” memberikan link meskipun telah mengutip bahkan “copas” artikel dari situs tersebut.

Meskipun kita bisa membuat backlink sendiri dengan membuat komentar di situs, membuat artikel di forum, tukar menukar link, dan lain sebagainya, namun backlink yang didapat kurang “powerfull” atau kurang berkualitas bahkan bisa dianggap spam.

Berbeda jika mendapatkan backlink dari dalam sebuah artikel. Bagaimanapun juga artikel merupakan “nyawa” dari sebuah situs. Maka dari itu, sebagian webmaster akan “jual mahal” jika diminta memberikan link ke situs lain. Bedakan jika webmaster memang sengaja mengutip atau menyalin artikel yang seharusnya memang memberikan link.

Dengan mendapatkan backlink berkualitas dan aman peluang untuk berada di halaman pertama hasil penelusuran mesin pencari sangat besar. Dikatakan peluang karena ada factor lain yang ikut mempengaruhinya.

Selain itu, google PageRank, DA&PA (domain authority and page authority) juga ditentukan berdasarkan dari jumlah backlink berkualitas, dan dianggap merupakan salah satu faktor SEO yang sangat penting.

Lentera Kecil Grup menerima blogpost atau content placement untuk mendapatkan backlink. Silahkan baca rate card.

sumber

Lentera Kecil

Mengembangkan website sebagai sarana informasi dan pengetahuan