Tips SEO untuk Optimasi Website pada Search Engine

Tips SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah melakukan optimasi website agar ditampilkan pada halaman utama / halaman atas pada search engine bila seseorang mengetikkan kata pencarian pada kotak search engine tersebut.

Prosesnya adalah seseorang membuka search engine seperti Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya, dan selanjutnya ia akan mengetikkan kata pencarian pada kotak search engine dan kemudian akan ditampilkan list halaman yang memuat website-website yang sesuai dengan kata pencarian yang diketikkan orang tersebut.

Dengan bermunculannya website-website baru setiap harinya, maka kebutuhan akan search engine sangat penting, yaitu untuk memudahkan mencari informasi dan menampilkan list website-website yang sesuai dengan informasi yang diinginkan.

Karena sebagai pengguna internet, ada keterbatasan untuk mengingat maupun menyimpan alamat-alamat website apa saja yang akan dikunjungi kembali nantinya. Karena peran search engine begitu penting dalam menampilkan informasi, maka bagi pemilik website yang websitenya ditampilkan oleh search engine tersebut, akan memberikan keuntungan yang besar, karena traffic yang diberikan dari search engine ke website tersebut tentunya akan meningkat.

Kegiatan SEO ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh webmaster (pemilik website atau blog) baik melakukan optimasi dari sisi internal (isi website atau blog) maupun dari sisi eksternal (back link) agar websitenya bisa ditampilkan pada halaman utama sesuai dengan kata pencarian yang dibidik olehnya.

Target Anda adalah minimal ditampilkan dalam 5 lembar halaman pertama pada search engine, lebih baik bila bisa ditampilkan pada halaman 1 atau 2, karena seseorang pengguna internet yang mengetikkan kata pencarian pada search engine, jarang membuka list website sampai lebih dari 5 lembar halaman.

Biasanya hanya halaman 1 dan 2 saja, dan dalam 1 halaman saja memuat 10 buah daftar website dan bila kemudian orang tersebut belum menemukan informasi yang dicarinya, ia akan mengetikkan kata pencarian lainnya.

Target utama dari kegiatan SEO ini adalah traffic yang diberikan dari search engine. Traffic SEO merupakan jumlah kunjungan yang didapat dari search engine, jadi seseorang mencari informasi pada search engine, kemudian ditampilkan website Anda, kemudian ia mengklik website Anda, dan membuka halaman website Anda.

Dari traffic yang dihasilkan, sangat diharapkan bisa dikonversi menjadi penjualan untuk website yang menjual produk secara online. Dan traffic yang dihasilkan dari search engine tersebut merupakan ”targetted traffic”, ”targetted” karena pengunjung tersebut memang mencari informasi yang ditampilkan pada website Anda.

Posisi pada search engine tersebut akan terus berubah dalam hitungan harinya, karena itu Anda bisa menggunakan SEO untuk mendatangkan traffic dari serach engine, tetapi jangan menggunakan SEO sebagai strategi utama untuk mendatangkan traffic ke website Anda.

Karena bila metode pengurutan website yang diterapkan oleh masing-masing search engine berubah, maka website Anda mungkin bisa hilang dalam semalam. Tetapi sebagai dasar, ada beberapa hal yang perlu Anda terap kan untuk website Anda, untuk mendapatkan traffic dari search engine ini.

Tips SEO untuk optimasi website Anda

1. Content 

Isi dari website Anda harus memuat banyak kata kunci pencarian sesuai dengan kata kunci pencarian yang dibidik. Kata kunci pencarian adalah kata-kata yang diketikkan oleh pengguna internet pada search engine dalam mencari informasi yang diinginkannya.

2. Back Link

Back link ini merupakan link website Anda yang ditampilkan pada website orang lain. Kualitas back link ini bisa mempengaruhi page rank (rangking) website Anda, semakin tinggi page rank maka search engine menilai website Anda memuat content (isi) website yang berkualitas untuk ditampilkan pada hasil pencarian. Kualitas back link ini berasal dari website yang menaruh link ke website Anda.

3. Domain

Dalam pemilihan nama domain Anda pertama kali, usahakan agar terdapat keyword (kata kunci pencarian) pada nama domain Anda.

4. Title dan Metatags

Untuk website Anda, Anda perlu membuat title dan meta tags yang memuat kata kunci pencarian yang Anda bidik.

5. Sitemaps

Sitemaps adalah halaman yang menampilkan peta link pada website Anda, sitemaps memudahkan spider dari search engine untuk menelusuri isi website Anda dan mengupdate setiap perubahan yang terjadi di website Anda pada database search engine.

You May Also Like

About the Author: Lentera Kecil

Mengembangkan website sebagai sarana informasi dan pengetahuan