Manfaat Bermain Alat Musik

Sebuah studi ilmiah yang dilakukan oleh Northwestern University mengungkapkan kalau anak yang aktif bermain alat musik mengalami perkembangan kemampuan kognitif dan kekuatan saraf yang lebih pesat. Meskipun perkembangan yang pesat bisa terjadi sejak kamu bermain musik mulai usia 3 tahun, tetapi nggak ada yang terlambat jika kamu memulainya sekarang juga.

Manfaat Bermain Alat Musik

Manfaat Bermain Alat Musik

Berbagai manfaat bisa kamu dapatkan kalau kamu berlatih memainkan alat musik.

1. Meningkatkan Kemampuan Belajar

Proses belajar, entah itu dalam bidang akademis ataupun hal lain seperti berlatih memainkan alat musik, bisa membantu perkembangan kognitif karena bisa menstimulasi panca indra.

Bermain musik juga bisa menguatkan perbedaan neurofisiologis yang dibutuhkan untuk pengembangan kemampuan berbahasa dan berbicara.

Kamu juga bisa lebih fokus dan konsentrasi dalam menyerap informasi baru, meningkatkan daya ingat jangka pendek ataupun panjang, juga meningkatkan pemahaman konsep dasar dalam bidang eksak seperti matematika, fisika, dan hal ilmiah lainnya.

2. Melatih Koordinasi dan Kemampuan Motorik Tubuh

Gerakan memetik gitar hingga menekan tuts piano dapat membantu melatih kemampuan motorik halus maupun kasar. Rangkaian kegiatan bermusik itu juga mampu membuatmu meningkatkan koordinasi otak dan bagian tubuh yang digunakan untuk memainkan alat musik sehingga refleks akan jauh lebih cepat dalam merespon.

3. Menumbuhkan dan Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Apabila kamu memainkan alat musik, cepat atau lambat kamu pasti ingin memainkannya di hadapan orang lain. Rasa percaya diri yang timbul karena kemampuan yang kamu miliki itulah yang bisa ditingkatkan dari bermain musik.

Dengan adanya kemampuan di bidang musik, kamu bisa lebih percaya diri dalam berhadapan dengan orang lain.

Masukan dan kritik yang kamu dapatkan setelah memainkan alat musik di hadapan orang lain pun akan bisa meningkatkan keyakinanmu akan potensi yang kamu miliki dan kamu juga akan terbiasa menerima pendapat, baik ataupun buruk, dari orang lain.

Apabila kamu menjadikan kritik itu sebagai sesuatu yang memacu semangatmu untuk tampil lebih baik lagi, akan lebih bagus ‘kan?

4. Menanamkan Kedisiplinan dan Tanggung Jawab

Kalau kamu ingin mahir dalam memainkan alat musik, kamu harus berlatih secara terus menerus agar kemampuanmu terus terasah. Dengan begitu, kamu bisa melatih rasa disiplin dan patuh terhadap jadwal yang telah disusun demi meningkatkan kemampuan.

Instrumen atau alat musik yang kamu mainkan pun harus kamu jaga agar tetap baik ketika dimainkan. Rasa tanggung jawab akan tertanam ketika kamu bisa konsisten dalam menjaga dan merawat alat musik yang kamu punya.

5. Menjaga Kesehatan Mental dan Emosional

Kamu tahu kan, mendengarkan musik itu bisa menenangkan hati dan pikiran. Begitu pun dengan bermain alat musik. Kamu bisa menjaga kesehatan mentalmu karena musik bisa menjadi pengalih perhatian atas rasa cemas, sakit, dan emosi negatif lainnya.

Dengan bermain musik yang membuatmu nyaman, tubuhmu akan lebih mudah rileks dan mood yang baik akan lebih mudah tercipta sehingga kamu tidak mudah terbawa emosi.

Jadi, bermain musik itu nggak sekadar menyalurkan hobi saja, ‘kan? Apa pun alat musik yang kamu mainkan, cintailah dan rawatlah perasaan itu baik-baik ya!

 

Manfaat Bermain Alat Musik

You May Also Like

About the Author: Lenterakecil-NET

Sekedar berbagi inspirasi, motivasi, serta pengetahuan dan informasi melalui internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *