Penyebab dan Cara Mengatasi Asap Knalpot Hitam Di Kendaraan

Asap Knalpot Hitam

Keluarnya asap hitam dari knalpot mobil Suzuki dan kendaraan lain tentu saja sering menjadikan pemilik mobil menjadi khawatir. Hal ini karena memang keluarnya asap hitam tersebut bisa terjadi karena mesin yang terlalu banyak membakar bahan bakar di dalamnya.

Tentu saja selain bisa mengganggu pengendara lain, asap yang hitam pekat tentu saja juga menjadi salah satu pertanda bahwa terdapat kerusakan di dalam mesin mobil.

Oleh sebab itu, tentu saja anda sebagai pemilik kendaraan Suzuki harus tahu dan paham dengan apa saja penyebab dan juga cara mengatasi asap knalpot kendaraan berwarna hitam.

Sebaiknya anda juga harus segera memeriksa komponen dan juga filter udara, apalagi di bagian sensor dan juga injeksi dari bahan bakar. Sebab jika tidak, tentu saja mesin dari mobil akan menjadi boros bahan bakar. Asap hitam juga dapat berpengaruh terhadap lingkungan di sekitar mobil, mulai dari merusak lapisan tembok dan juga dapat mencemari polusi udara

Untuk itu, berikut pada postingan ini saya sudah menuliskan informasi mengenai bagaimana penyebab dan cara mengatasi asap knalpot kendaraan berwarna hitam.

Apakah Penyebab Asap Knalpot Kendaraan Berwarna Hitam?

Secara dasar dan normalnya asap kendaraan haruslah tidak berwarna hitam. Jika ternyata asap kendaraan yang anda miliki tersebut berwarna hitam pekat, tentu saja bisa jadi terjadi beberapa kerusakan yang ada di dalam kendaraan bermotor yang anda miliki tersebut.

Jika anda tidak menanggapi masalah ini dengan cepat, maka bisa berdampak terhadap mesin mobil anda yang mengalami masalah.

Secara dasar sebenarnya warna asap mobil yang berwarna hitam pekat terjadi karena mesin yang tidak dirawat dengan benar.

Karena memang mesin diesel yang hidup dengan menggunakan prinsip kompresi pengapian. Jadi keluarnya asap hitam yang keluar dari knalpot mobil bisa terjadi karena bahan bakar yang tidak terbakar secara optimal.

Nah lalu apa saja sih kira-kira penyebab dan cara mengatasi knalpot kendaraan berwarna hitam?

Nah untuk bisa membantu anda, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan informasi lengkapnya hanya untuk anda.

Terdapat Masalah Pada Busi

Pertama, penyebab dari asap kendaraan berwarna hitam adalah karena memang terjadi masalah pada busi.

Lebih baik anda bongkar dan juga periksa busi terlebih dahulu jika ternyata anda melihat asap hitam yang keluar dari dalam knalpot kendaraan yang anda miliki.

Hal ini karena keberadaan dari warna hitam di kepala busi bisa membuat campuran udara dan juga bensin yang terlalu banyak, akibatnya maka asap yang dikeluarkan dari knalpot menjadi berwarna hitam.

Selain itu, terkadang munculnya serat yang hitam dan basah di kepala busi biasa nya terjadi karena oli yang masuk ke dalam ruang pembakaran, sehingga dapat menimbulkan asap hitam yang muncul dari dalam knalpot.

Filter Udara Yang Tersumbat

Berikutnya penyebab dari asap knalpot berwarna hitam adalah karena memang filter udara yang tersumbat.

Untuk itu, pastikan agar anda selalu memeriksa dan juga membersihkan filter udara apabila tersumbat.

Karena memang filter udara yang tersumbat inilah yang menjadi salah satu penyebab dari asap hitam yang keluar dari dalam knalpot.

Jika memang filter udara sudah terlalu lama dipakai, ada baiknya anda mengganti dengan filter yang lebih baru.

Dimana filter udara ini berguna untuk menjadi saluran supaya bensin dan juga udara bercampur dengan perbandingan nilai yang sama.

Ring Piston Dan Katup Yang Bermasalah

Berikutnya, penyebab dari knalpot mengeluarkan asap berwarna hitam adalah karena memang ring piston dan juga katup yang bermasalah.

Untuk itu, pastikan agar anda selalu memeriksa ring piston dan juga katup agar memastikan bahwa keduanya terpasang dengan rapat.

Untuk anda yang memang belum mahir untuk melakukannya, anda bisa meminta bantuan terhadap profesional agar bisa menutup ring dan juga katup agar terpasang dengan rapat.

Karena memang katup yang tidak bisa berfungsi dengan normal bisa membuat oli terbakar sehingga dapat membuat asap dari knalpot menjadi hitam.

Nah itulah tadi penjelasan singkat mengenai berbagai penyebab dan cara mengatasi asap knalpot hitam.

Jika misalkan kendaraan Anda yang mengalami masalah seperti diatas ada baiknya untuk segera membawa kendaraan tercinta ke bengkel resmi Suzuki terdekat dibawah ini.

 

Penyebab dan Cara Mengatasi Asap Knalpot Hitam Di Kendaraan

You May Also Like

About the Author: Lenterakecil-NET

Sekedar berbagi inspirasi, motivasi, serta pengetahuan dan informasi melalui internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.