Tips Beli Mobil Bekas Agar Tidak Kecewa

jual beli mobil

Tips utama dan yang paling penting saat membeli mobil bekas adalah teliti dan tidak buru-buru. Hal ini mutlak sebelum meminang mobil yang diidamkan. Anda bisa saja mendapatkan mobil yang bagus, bahkan mendekati kualitas mobil baru.

Selanjutnya adalah banyak hal yang harus dipertimbangkan serta diperhatikan agar tidak kecewa setelah membeli mobil bekas nantinya. Jika berminat beli mobil bekas, berikut tips beli mobil bekas yang dikutip dari laman Seva Pusat Mobil Murah.

1. Cek Bodi Mobil

Bodi mobil adalah hal pertama yang harus dicek ketika beli mobil bekas karena ini yang paling terlihat oleh mata. Selain itu, perbaikan bodi akan memakan waktu yang lama dibandingkan perbaikan mesin.

Oleh karena itu jangan terburu nafsu membeli jika melihat mobil bekas dengan bodi dan cat yang masih sangat mulus. Tanyakan pada penjualnya hasil cat ulang atau orisinal.

Selain rangka yang terdapat bekas las atau sambungan yang tidak rapih, mobil yang pernah terlibat kecelakaan terlihat juga dari garis bodinya yang tidak simetris atau warna cat yang tidak sama.

2. Cek Interior

Langkah selanjutnya setelah eksterior adalah memeriksa interior mobil bekas. Periksa seluruh bagian interior yang meliputi jok, door trim, plafon, dan dashboard. Jangan lupa, pastikan semua bagian elektronik di bagian interior berfungsi dengan baik.

Selain itu, jika Anda menemukan mobil bekas dengan jarak tempuh yang rendah, periksa juga bagian karpet dan pedal-pedalnya. Jika sudah aus atau diganti, bukan tidak mungkin sebenarnya mobil tersebut sering digunakan untuk bepergian.

3. Cek Mesin

Hal penting yang juga harus Anda perhatikan saat beli mobil bekas adalah kondisi mesinnya. Masalahnya tidak semua orang mengerti soal mesin.

Jika baru pertama kali beli mobil bekas sebaiknya Anda mengajak teman yang benar-benar paham soal mesin serta masalahnya.

Jangan tertipu dengan tampilan mesin yang mengilap. Sebelum dijual, pemilik akan membawa mobilnya ke salon mobil untuk cuci, poles bodi, hingga pembersihan interior dan mesin.

Selain melakukan test drive untuk mengetahui kondisi mesin, Anda juga wajib memeriksanya dengan seksama seperti dengarkan baik-baik suara mesin, jangan ada kebocoran atau rembesan oli dan cairan lainnya, hingga kondisi aki dan kelistrikan.

4. Cek Dokumen

Kecocokan dokumen mobil juga merupakan hal yang sangat penting. Periksa semua dokumen seperti BPKP dan STNK.

Selain sesuai dengan nama asli pemiliknya, pastikan juga semuanya sesuai dengan yang ada pada mobil, yakni nomor mesin serta nomor rangka.

5. Tempat Pembelian

Beli mobil bekas dari tangan pertama akan membuat Anda lebih mengerti kondisi perawatan dari mobil, apalagi jika orang yang menjualnya adalah orang yang Anda kenal.

Tetap saja ada hal yang harus Anda tanyakan seperti sejarah pemakaiannya yang meliputi jadwal servis, jarak tempuh yang sesungguhnya, suku cadang apa saja yang pernah dan harus diganti, pernah kecelakaan, hingga pernah terendam banjir. Sedangkan jika berniat beli mobil bekas dari diler Anda wajib lebih selektif lagi.

Salah satu cara mobil bekas yang dapat Anda percaya adalah melalui Seva Pusat Mobil Murah. Di Seva.id tersedia berbagai merek dan tipe mobil bekas yang berkualitas dengan jaminan garansi serta buyback, selain jaminan bebas kecelakaan dan banjir, odometer asli, keabsahan dan kelengkapan dokumen terjamin, hingga nomor rangka serta nomor mesin sesuai dengan dokumen kendaraan.

#SEVA

You May Also Like

About the Author: Lentera Kecil

Mengembangkan website sebagai sarana informasi dan pengetahuan