Tentang Admin Lentera Kecil

Awal saya mengenal dunia internet sekitar tahun 2000 ketika adik saya yang datang dari Jakarta menanyakan warnet.

Meskipun komputer sudah saya kuasai sejak tahun 1987 namun pekerjaan yang saya geluti tidak berkaitan dengan komputer, maka ketrampilan tersebut seakan hilang. Apalagi istilah internet, website masih belum saya kenal, hingga kedatangan adik saya di tahun 2000.

Mengingat istilah “warnet” asing bagi saya (yang terkenal waktu itu wartel) maka saya pun mencari informasi. Karena saya tinggal di kota kecil Pamekasan, Madura, maka satu-satunya warnet yang ada cuma di Plaza Telkom.

Hanya empat unit, itupun jarang dipakai, karena internet masih “asing” pada waktu itu. Selang beberapa waktu, ada 2 warnet yang dikelola oleh perorangan di kota Pamekasan.

Meskipun koneksi masih lemot, pakai telkomnet instant dengan kecepatan yang cuma 56kb serta menggunakan OS win 98 atau Milenium, saya pun sering “main” internet.

Kala itu sering membaca atau mencari yang berhubungan dengan komputer dan salah satu situs yang sering saya kunjungi adalah ilmukomputer.com punya Romi Satria Wahono salah seorang master IT Indonesia.

Awal Ngeblog

Awal saya membuat blog sekitar tahun 2003 dengan menggunakan layanan gratis geocities berupa laman statis. Waktu itu hanya sekedar coba-coba saja hanya dengan membuat beberapa halaman.

Kemudian, tahun 2005 mencoba membeli domain dan sewa webhosting. Blog pertama yang tidak gratis ini menggunakan cms Mamboo cikal bakal Joomla dengan nama blog santiaji.com.

Namun, mengingat keterbatasan waktu, blog tidak terurus. Selain itu, koneksi internet yang super lemot, serta mahalnya koneksi internet di warnet pada waktu itu menambah semakin malas untuk ngeblog.

Barulah pada tahun 2011 saya mulai mengelola blog dengan serius pada lenterakecil.com.

Selain belajar ngeblog, saya juga belajar tentang html dan php yang akhirnya bisa membuat template sederhana sendiri. Tak lupa belajar juga teknik hacking. Seiring waktu, belajar juga tentang SEO dan monetize blog.

Setelah mencoba mengikuti kontes-kontes SEO dan salah satu penunjang agar bisa menang adalah backlink. Maka cap sebagai spammer mungkin menimpa saya.

Akhirnya, agar tidak menjadi spammer, maka salah satu strategi adalah membuat blog sendiri sebanyak mungkin. Akhirnya terkumpul banyak blog meskipun blog gratisan. Ada sekitar 600 blog gratisan yang saya miliki, namun dengan subdomain yang berbeda-beda.

Cukup berat juga mengelola banyak blog, apalagi blog gratisan yang memiliki limit waktu, seperti jika dalam 1 bulan tidak ada update maka blog akan dihapus.

Seiring waktu, kegiatan ikut kontes seo pun saya akhiri dan beralih menjadi publisher iklan adsense. Oleh karena penghasilan dari adsense tergantung trafik kunjungan, maka saya berusaha membuat artikel menarik dan sesuai pedoman webmaster google agar dapat bersaing di SERP.

Beberapa blog terpaksa saya kurangi termasuk blog gratisan yang saya jadikan blog dummy. Tinggal 22 blog dengan domain sendiri dan kurang lebih masih ada 200 blog gratisan sebagai blog dummy. Saat ini saya lebih banyak menulis daripada mengotak-atik kode.

Oleh karena itu, kehadiran lenterakecil.net ini sebagai portofolio saya dalam ngeblog. Mengingat banyak jasa content maupun rekan blogger yang sering menanyakan blog-blog yang saya kelola.

Selain itu, awal bermain di dunia maya, saya masih malu-malu untuk menampilkan identitas. Banyak identitas yang pakai menggunakan nama “lentera” atau “Lentera Kecil” atau menggunakan identitas lainnya. Namun saat ini di dunia online identitas saya lebih dikenal dengan sebutan Kang Andre.

Salam

Kang Andre

You May Also Like

About the Author: Lentera Kecil

Mengembangkan website sebagai sarana informasi dan pengetahuan