Filosofi Lentera

Filosofi Lentera sejatinya adalah memberi penerangan entah itu sebagai kondisi maupun tanda. Lentera bisa difungsikan sebagai penerang di saat gelap atau sebagai petunjuk (tanda) bahkan untuk saat ini sebagai hiasan atau dekorasi yang indah.

Filosofi Lentera

Pengertian filosofi secara umum adalah suatu kebijaksanaan hidup (filosofia) untuk memberikan suatu pandangan hidup yang menyeluruh berdasarkan refleksi atas pengalaman hidup maupun pengalaman ilmiah.

Filosofi secara etimologi berasal dari bahasa Yunani, Philosophia yang merupakan kata majemuk terdiri dari dua kata, yaitu Philo (philia) dan Sophia.

Philo berarti cinta namun dalam arti yang luas yaitu keinginan akan sesuatu dan oleh karena itu kemudian berusaha mencapai yang keinginan tersebut. Sophia artinya pengetahuan (kebijaksanaan) yang secara mendalam artinya pandai.

Sedangkan pengertian Lentera adalah perangkat pencahayaan yang portabel yang berfungsi untuk penerangan atau sumber cahaya. Istilah lentera juga digunakan lebih umum yang berarti sumber cahaya atau wadah untuk sumber cahaya (lampu kecil) dengan bertutup kaca.

Oleh karena lentera memiliki banyak fungsi yang berguna bagi kehidupan manusia, maka lentera dapat menjadi sebuah filosofi yaitu filosofi lentera.

Filosofi lentera adalah sumber cahaya yang dapat diartikan pengetahuan, kebijaksanaan, aturan, norma dan lain sebagainya, sebagai penerangan (sumber informasi) bagi yang membutuhkan.

 

Filosofi Lentera

About the Author: Lentera Kecil

Mengembangkan website sebagai sarana informasi dan pengetahuan